Kegiatan Tanoto Foundation: Tingkatkan Kualitas Guru di Batubara

Kegiatan Tanoto Foundation: Tingkatkan Kualitas Guru di Batubara - Guru merupakan sosok krusial dalam pendidikan. Mereka yang secara langsung menyampaikan berbagai macam pelajaran bagi para siswa. Sayangnya, seringkali guru menjadi pihak yang terlupakan. Materi pelajaran lebih sering menjadi pembahasan tanpa memberi fokus khusus kepada subjek pengajaran yang tak lain adalah para guru.



Padahal, kualitas para guru sangat penting. Tanpa guru yang berkualitas, sulit sekali menghadirkan pendidikan bermutu. Bukan berarti para pengajar di Indonesia tidak bermutu, namun ia menyadari bahwa seringkali kemampuan para guru tidak berkembang karena keterbatasan fasilitas yang mereka alami.



Melalui Tanoto Foundation yang didirikannya, pengusaha Sukanto Tanoto memiliki misi untuk meningkatkan kualitas para guru. Keluarga Sukanto Tanoto mendukung penuh misi tersebut dengan menggelar beragam kegiatan peningkatan kualitas guru. Salah satu yang telah dilakukan adalah kegiatan di Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Memanfaatkan momen Hari Guru ke-70 yang jatuh pada tanggal 25 November 2015, Tanoto Foundation bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara mengadakan Lomba Pembuatan Media Pembelajaran Sederhana.KegiataninijugamemilikinilaipentingkarenamerupakanupayaKabupaten Batubara dalammereplikasikegiatanTanoto Foundation di daerahnya.



Lomba ini mendapat sambutan baik dari para guru. Tercatat 78 guru dari tujuh kecamatan di Kabupaten Batubara berpartisipasi. Mereka membuat alat peraga dan media bantu untuk mengajar. Hasilnya, ada sepuluh finalis yang diberi kesempatan untuk peer teaching, yaitu mengujicoba alat peraga mereka di depan murid-murid. Kreativitas, penguasaan materi, dan teknik penyampaian dari para finalis ini kemudian dinilai untuk penentuan tiga pemenang.



Meski begitu, menang atau kalah bukan menjadi tujuan utama dalam kegiatan Tanoto Foundation ini. Hal yang terpenting adalah penumbuhan kreativitas sekaligus menghadirkan semangat para guru dalam mengajar. Sebab, harus diakui, di daerah seperti Kabupaten Batubara, fasilitas pendidikan begitu terbatas. Maka, guru-guru mesti kreatif dalam memberikan pelajaran kepada para siswanya.

Bukan hanya itu, pembuatan alat peraga dan media bantu secara tidak langsung juga meningkatkan kompetensi para guru tersebut. Mereka jadi bisa secara jeli menemukan hal di sekitar mereka yang dapat membantu untuk mengajar. Tentu saja para siswa akan lebih mudah menangkap materi yang diajarkan karena disampaikan dengan hal yang tidak asing bagi mereka.



“Lomba ini menggugah kembali motivasi para guru untuk membuat media pembelajaran kreatif dengan benda-benda sederhana yang ada di sekitar kita,” kata Riyadi, Kepala Bidang Pendidikan Dasar Kabupaten Batubara. “Untuk itu saya berterimakasih kepada Tanoto Foundation yang telah mendukung kami dalam meningkatkan kapasitas dan kompetensi guru, khususnya di Kabupaten Batubara.”



Peningkatan kualitas guru lewat lomba seperti di Batubara merupakan salah satu wujud aspek yang menjadi fokus kegiatan Tanoto Foundation. Yayasan ini memang bertujuanuntukmendukungusahameningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Bersamaan pemberdayaan masyarakat dan peningkatan kualitas hidup, pendidikan diyakini oleh Tanoto Foundation merupakan solusi atas masalah kemiskinan di negeri kita.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Kegiatan Tanoto Foundation: Tingkatkan Kualitas Guru di Batubara"

  1. tingkatkan pendidikan di Indonesia ,,semagat semoga sukses

    BalasHapus
  2. semoga aj dengan adanya kegiatan-kegiatan macam ini pendidikan di Indonesia bisa makin maju deh, dukung trus

    BalasHapus
  3. Selamat hari guru nasional untuk para guru-guru di Indonesia. :D

    BalasHapus
  4. Very Very Happy National Teacher Day

    BalasHapus